Posted by : Unknown Monday, June 24, 2013

#Nama
- Kanji : 月読
- Rōmaji : Tsukuyomi
- English : Moon Reader

#Pertama Muncul
- Manga : Chapter #142
- Anime : Naruto Episode #82
- Video Game : Naruto: Ultimate Ninja 2

#Data
- Klasifikasi : Kekkei Genkai, Genjutsu, Dōjutsu
- Kelas : Tambahan
- Jangkauan : Jarak dekat

#Jurus Turunan
- Susanoo
--- Blaze Release Magatama
--- Meteorite Technique
--- Shield of Black Flames
--- Yasaka Magatama

#Pengguna
- Uchiha Itachi
- Uchiha Sasuke
- Uchiha Madara

#Tentang Jurus
Menurut Zetsu, Tsukuyomi adalah salah satu genjutsu yang paling kuat yang permah ada. Jurus ini khas untuk klan Uchiha, dan hanya mereka yang menguasai Mangekyo Sharingan yang dapat menggunakan jurus itu. Mengatakan Tsukuyomi adalah Genjutsu terkuat, adalah untuk mewakili "Dunia Spiritual dan Kegelapan" (Seishinkai ke Yami), yang merupaka sisi berseberangan/berlawanan dengan Amaterasu, Ninjutsu yang memiliki kekuatan yang sebanding dengan Tsukuyomi di Genjutsu. Dengan kata lain, di bagian Genjutsu, Tsukuyomi adalah genjutsu yang sangat hebat, sedangkan di Ninjutsu, Amaterasu-lah yang memiliki kehebatan yang setara dengan Tsukuyomi.

Tsukuyomi membutuhkan kontak mata untuk melakukannya. Ketika dilakukan, target benar benar terperangkap dalam tekhnik ilusi yang benar-benar dikontrol oleh pengguna Tsukuyomi ini. Keterampilan Itachi dengan teknik ini telah sampai tahap yang memungkinkan dia untuk mengubah dimensi waktu dengan mudah dalam genjutsu. Ini memungkinkan untuk membuatnya tampak berlangsung selama berhari-hari, padahal sebenarnya itu hanya berlangsung beberapa detik didunia nyata. Hal ini memungkinkan dia untuk menyiksa target, dan membuat target merasa seperti disiksa berhari-hari, menyebabkan trauma mental yang akan membuat mereka tidak mampu bertarung untuk jangka waktu yang lama. Setelah Itachi menggunakannya pada Kakashi di dalam Naruto Part I, Kisame terkejut mengetahui Kakashi masih hidup. Hanya Tsunade yang telah terbukti mampu menyembuhkan kerusakan psikologis hebat ini.

Dalam anime Naruto Part I, penggunaan Tsukuyomi Itachi biasanya menampilkan Background suasana merah darah, bulan berwarna merah, lampu cast merah di seluruh lingkungan ilusi dengan suasana berawan. Sedangkan korban dalam ilusi dalam digambarkan dalam Gray Scale (Hitam Putih).

Seperti biasanya, teknik yang kuat pasti memiliki kelemahan. Karena kompleksitas dari ilusi dan kecepatan yang dijalankan, chakra yang diperlukan sangat banyak, dan semua tekhnik itu dipusatkan di mata kiri Itachi, memberikan tekanan yang sangat besar di mata kirinya, membuat pandangan Itachi kabur. Sebelum menggunakannya pada Kakashi dalam Naruto Part I, Itachi menyatakan Tsukuyomi hanya dapat dipatahkan oleh pengguna dengan Sharingan yang berasal dari ikatan darah yang sama dengannya; seperti yang ditunjukkan ketika Sasuke mematahkan Tsukuyomi Itachi dalam pertempuran mereka. Sasuke juga dapat menggunakan Tsukuyomi dengan mata kanan, meskipun tingkat ilusinya masih lebih rendah daripada Tsukuyomi Itachi karena Sasuke tidak dapat memanipulasi dimensi waktu semaunya sendiri. Ini menunjukkan Sasuke belum menguasai Tsukuyomi selevel dengan Itachi.

Rencana Mata Bulan Tobi (Tsuki no Me Project) yang menggunakan kekuatan chakra Jyubi dan tubuh Jyubi yang ada di bulan, yang memungkinkan dia untuk mengeluarkan sebuah Genjutsu paling kuat, "Tsukuyomi Tak Terbatas" (Mugen Tsukuyomi), ke seluruh pelosok dunia. Namun, sementara ini tidak diketahui apakah Tobi mampu menggunakan Tsukuyomi normal (sebelum menggunakan Mugen Tsukuyomi dia harusnya bisa menguasai Tsukuyomi terlebih dahulu). Madara Uchiha kemungkinan besar bisa menggunakan Tsukuyomi, karena dia terbukti bisa menggunakan Susanoo, yang pada dasarnya membutuhkan penggunaan Tsukuyomi dan Amaterasu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Anda pengunjung ke

Popular Post

© Copyright Willy Augieansyah. Powered by Blogger.

Blog Archive

- Copyright © 2013 MataSharingan -Dark Amaterasu Template -